Wednesday, October 10, 2007

Castengel Pembawa Bencana


Tiga hari menjelang Lebaran. Perhatian sodara-sodara, bukan cuma Pintu Surga yang terbuka makin lebar, tapi pinggang saya pun ikut melebar. Catering sih catering, tapi kalo urusan kue kering, aku nyerah deh. Berkali-kali nyoba bikin castengel, banyak banget yang gagal. Loyang pertama.. loyang kedua... loyang ketiga. Bencana standar: gosong. Daripada dibuang, mending dimakan. Suamiku kurang doyan keju dan aku nggak cukup tega buat menghibahkan kue-kue gosong itu pada Claudia tercinta. Sementara si Mbak udah pulang kampung sejak minggu lalu. Jadi...

Tada!

Tiga loyang Castengel aku habiskan sendiri. Malamnya, termenung di sofa, merasa amat bersalah pada pinggang yang tak lagi jenjang.

Oh no! Sudah mau Lebaran, ketemu sodara-sodara, tapi perut malah membuncit. Lemak menyeruak kemana-mana. Bikin malu aja.

Harusnya aku memang berhenti ngotot bikin castengel. Toh di rumah Ibu nanti pasti udah banyak toples castengel berdiri manis di meja tamu. Harusnya aku bikin ketupat aja. Tinggal masukin beras, kukus. Atau bikin rendang.

Aaahhh... bingung juga nyusun menu Lebaran. Kenapa yah menu Lebaran semuanya berlemak. Rendang: santan. Opor: santan. Bisa nambah satu tingkat deh perut ini...!!

No comments: