Sunday, June 15, 2008

Soto Jakarta VS Soto Bandung

Kemaren, temenku Navvie baru aja pulang dari Bandung. Udah lama juga ngga ketemu dia. Katanya sih dia sering ngecek blog ini. Awalnya agak2 ngga percaya kok dia bisa ngecek blog yang lumayan lama ngga diurus. Eh pas aku tanya bener juga dia hafal judul2 di blogku ini. Mulai dari TK buat Claudia sampe bebek enak di jalan Monginsidi. Hmm, komentar dia tentang blogku cuma satu : makan terusssssssssssss.

Tapi dia juga kagum liat beratku stabil-stabil aja, ngga nambah maksudnya. Dia juga tertarik sama saranku yang nyoba main hula hoop buat ngebentuk pinggang. Intinya dia setuju kalo masalah nurunin berat badan dan ngebentuk pinggang, diselesain dengan cara yang menyenangkan. Navvie juga sering denger ada iklan di radio yang ngajak ibu-ibu buat nyoba main hula hoop karena bagus buat badan.

Kebetulan Navvie bawa oleh-oleh yang bagus, yaitu buku resep makanan khas Bandung. Unik juga. Semuanya ada, mulai dari siomay, batagor, sate, sampe soto. Pertama kali ngeliat, aku langsung tertarik sama artikel resep soto Bandung. Pasti di sini banyak yang ngga pernah denger soto Bandung. Kita di Jakarta emang paling sering denger soto Betawi, Makassar, atau Banjar. Soto Bandung termasuk unik, mereka fokus ke satu satu macem daging aja, tapi hasilnya tetep enak banget. Aku pernah nyobain dulu waktu jalan-jalan ke Bandung, dan pernah coba juga di salah satu warung Sunda di Senayan, tapi rasanya tetap lebih enak dan asli yang di Bandung. Muncul juga niat buat nyobain resep ini, tapi gimana caranya biar soto Bandungnya kerasa lebih spesial. Hmmm, langsung terlintas di pikiranku buat nandingin soto Bandung lawan soto tuan rumah alias soto Jakarta, hehehe. Soto Jakarta atau soto Betawi memang terkenal karena keanekaragaman isinya, mulai dari paru, daging, sampe babat.

Biar lebih asyik, aku mau survey dulu ke salah satu warung soto Jakarta yang paling terkenal. Setelah itu aku mau bikin perikiraan resepnya. Barulah kalo udah dicoba di rumah dan ada kesempatan nulis blog selanjutnya, aku tandingin dua soto super enak itu. Buat yang punya pendapat soal soto mana yang paling enak, kirim comment ke sini ya. Tunggu post selanjutnya buat resep dan perbandingan soto Bandung vs soto Jakarta ya!

No comments: